Senin, 22 Oktober 2007

After Lebaran 2007

Lebaran tahun ini masih seperti tahun kemarin Lebarannya di Balikpapan,bedanya tambah si Mbak-nya Daffa and without my sister coz dianya lagi menuntut ilmu di Jepang sono. Lebaran Tahun ini ngak sempat foto2 karena kameranya rusak, trus Hp abi yang ada Kameranya ilang. Yang sempat diabadikan cuma kue2 bikinan umi coz sebelum lebaran sempat diambil gambarnya ma Abi. Tumben banget tahun ini umi bikin kue sendiri, biasanya always selalu beli or ambil dari rumah uti momy (maunya gratisan nih Umi). Lebaran kali ini tumben2an juga Umi masak buat temen2 umi yang dateng pada lebaran ke-3, coz lebaran pertama & kedua umi sibuk bantu2 dirumah Uti Momy yang kedatangan tamu berjibun, coz Akung kan Kepala sekolah SMP2 Balikpapan, trus ketua PGRI Balikpapan ma dewan pendidikan kota Balikpapan, trus uti Momy kepala sekolah SD, selain itu Akung ma Uti adalah anak tertua jadi sodara2 pada ngumpul dirumah juga pas lebaran pertama.

Oya Lebaran Kali Daffa ikut sholat lagi nih, alhamdullillah nga rewel, Daffa waktu awal sholat ikut2an sholat karena lama akhirnya dia bosan and walhasil jalan kemana2, tapi syukur ada Mas Fathan (ponakan umi) yang selalu narik-narik kemana saja Daffa pergi. Umi tahunya dari cerita mas Fathan tuh, Mas Fathan ngadu tuh (Mimi2 Daffa nakal lo orang sholat dia jalan2 sampe sana2 lo). Abis sholat kami berkumpul dirumah uti ma Akung untuk sungkeman, daffa ma Mas Fathan ngikutin dibelakang umi untuk sungkeman juga. Abis sungkeman kita langsung menyantap hidangan kebangsaan yang selalu menemani lebaran kami tiap tahun yaitu Sup Kimlo, ayam goreng, bistik solo and krupuk udang, wah kalo nga ada makanan ini namanya bukan lebaran tuh. Pokok'e maknyus tenan. Sayang nga ada fotonya nih.

Abis ntu kita ke rumah sodara2 terdekat ma tetangga kanan-kiri dulu, abis itu balik lagi kerumah uti untuk bantu2in uti, karena tamunya dah pada berdatangan. Daffa seneng banget banyak orang dateng apalagi kalo ada yang bawa anak seumuran mas fathan, wah dia antusias banget ngajak main, tapi sayang ma tamu2 laki yang gede dia tetep takut and masih malu2 kalo tamunya ibu2. Lainnya Daffa asyik dapat mainan baru yaitu tutup toples, mimi dibuat spot jantung coz rata2 tutup toplesnya uti momy itu cristal semua, weleh bakal mahal gantinya tuh kalo pecah. Alhamdullilah nga ad yang pecah sih kemarin.

Lebarn kali ini Umi and Abi cuma dapat libur 4 hari dari hari kamis tanggal 11 oct - 16 Oct 07, yah lumayan buat menemani si kecil Daffa main2. Tapi pas hari sabtu and minggu tanggal 20-21 nya Abi ngak pulang tuh, coz ada acara di kantornya Abi. So daffa cuma ditemanin umi aja.

Trus pas hari minggu kemarin umi belajar buat buras ma tetangga, buras ntu makanan khasnya orang Makassar yaitu beras yang diaron pake santan kemudian dikukus pake daun trus diikat pake tali rafia, umi suka banget jadi pengen banget tahu cara buatnya, belajarnya cuma dari resepnya tetangga, trus praktek sendiri dirumah. Buras ini dimakan pake kuah bersantan kayak kari yang dicampuri udang and lauknya bisa ikan, ayam, daging atau telor. Well akhirnya umi bisa juga tuh buat buras walau kelembekan tapi tetep aja enak, coz hasil karya sendiri. Ntar resep Burasnya next time di posting deh. Kayaknya cerita mengenai lebarannya cukup dulu and berikut bisa dilihat hasil karya umi pas lebaran kemarin..........

2 komentar:

Bunda Daffa - Yanthi mengatakan...

wah..umi jago masak nih..jadi pengen nyobain..kira2 bisa ampe bandung ga umi? :D oia, di balikpapan ada kepiting asap ya umi?

ichaAwe mengatakan...

waduh...sop kimlo & steak solo...cuma baca aja bikin aku ngiler berat ... ampuuunnn deh ...