Selasa, 22 Juni 2010

Masalah Pasca Melahirkan Yang Perlu Diketahui

Tak hanya kebahagiaan yang akan menghampiri keluarga Anda saat si kecil hadir. Beberapa masalah pun akan timbul pasca kelahiran buah hati.

Tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa masalah umum yang akan timbul pasca kelahiran si kecil. Hal ini akan membuat Anda lebih siap menghadapi berbagai masalah yang mungkin akan datang.

Berikut beberapa problematika yang umum datang pasca kelahiran sang buah hati.

Masalah berat badan

Mungkin hal ini terkesan sepele, namun ternyata berat badan yang tak kunjung turun akan membuat sang mama baru merasa tertekan dan depresi. Tubuh yang 'membengkak' pasca melahirkan memang tak akan bisa berubah secara instan. Namun bukan berarti Anda harus tertekan bahkan melakukan diet ketat untuk mengubahnya.

Ingat si kecil masih membutuhkan ASI! Hal itu adalah alasan kuat bagi Anda untuk mengatur pola makan yang sehat. Namun jangan khawatir, makan secara teratur dengan menu sehat akan membuat tubuh Anda lekas susut. Belum lagi kesibukan baru sebagai mama yang akan membakar kalori. Ingin melepas penat? isi waktu luang Anda dengan berolahraga, sehingga rasa santai datang, lemak pun terbakar.

Kesulitan proses menyusui

Banyak mama yang mengalami kesulitan saat menyusui sang bayi. Entah karena produksi ASI yang sedikit, hingga bentuk payudara yang tak memungkinkan untuk menyusui, kadang membuat frustasi. Namun jangan menyerah, telah banyak artikel, buku dan sebagainya yang menulis dan membahas hal ini.

Anda bisa menemui jawaban problematika Anda di buku atau artikel tersebut. Bergabung dalam forum atau perkumpulan mama-mama muda juga bisa menambah pengetahuan Anda mengenai bagaimana cara merawat si buah hati. Selain bisa bertukar pikiran, Anda juga bisa melepas penat dengan bersosialisasi dengan teman serta sahabat.

Bentuk Hubungan Baru Dengan Suami
Walau diliputi kebahagiaan, namun pasti ada yang berubah dari hubungan Anda dan suami. Kesibukan dan tanggung jawab sebagai orangtua seringkali memberikan tekanan tersendiri bagi Anda berdua. Yang paling penting adalah memperkuat ikatan serta komunikasi, sehingga Anda dan suami bisa menghadapi masalah-masalah yang nanti akan terjadi.

Tidak ada komentar: